Monday 26 August 2013

Pemahaman Yang Salah tentang Gizi Anak

Pemahaman seseorang bisa berbeda-beda. Yang sudah dianggap “benar” ternyata belum tentu kebenarannya. Seperti hal berikut ini :

Anak Gemuk Berarti Sehat
Saat ini masih banyak orangtua yang senang anaknya gemuk. Padahal gemuk atau kurus bersifat subjektif. Oleh sebab itu, sebagai orangtua sebaiknya selalu mengikuti petunjuk pola pertumbuhan tinggi dan berat badan anak (melalui buku kelahiran dan pertumbuhan anak yang telah diberikan saat melahirkan).
Anak yang terlalu gemuk dapat berakibat macam-macam. Ia tidak akan lincah bergerak dan cenderung lebih sering berkeringat yang akan mengakibatkan tumbuhnya jamur kulit pada lipatan-lipatan yang ada di tubuhnya. Yang paling aman adalah orangtua belajar memberikan gizi yang baik kepada anaknya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan makan anak.

Susu Murni itu Menyehatkan
Sebenarnya yang dimaksud disini adalah susu sapi murni. Tentu saja baik untuk bayi-bayi sapi tetapi tidak untuk bayi kita, manusia. Susu sapi memiliki kandungan kalori yang tinggi agar anak sapi lekas tumbuh besar. Komponennya sangat berbeda dengan air susu ibu. Sebenarnya susu sapi itu lebih sulit diserap oleh bayi manusia sehingga dapat menyebabkan diare. Hal ini tentu sangat berbeda dengan susu sapi yang sudah dikemas dan beredar di pasaran, karena pada umumnya sudah susu tersebut sudah dimodifikasi agar makin menyerupai air susu ibu.
Jadi tidak tepat bila dikatakan susu sapi yang murni adalah baik bagi bayi kita, karena akibat terburuk yang dapat terjadi adalah bayi bisa terkena alergi, kegemukan, atau diare.

Anak Harus Banyak Makan Telor Ayam
Telor memang salah satu makanan yang bergizi tinggi. Memiliki sumber protein yang mendekati sempurna, namun bukan berarti anak harus memakannya banyak-banyak. Coba perhatikan, dalam sebutir telor ayam yang besar terkandung 95 kal, 10 gr protein, dan 6 gr lemak.

Pertimbangkan dan hitung dahulu kebutuhan gizi anak anda secara seimbang tergantung usia dan aktivitas hariannya. Contoh, jika anak dalam sehari mengkonsumsi sampai 10 butir telor, maka kalori yang di dapat sudah 950 kalori dan itu belum dari sumber makanan yang lain.

Mungkin ada hal-hal lain yang dapat Anda tambahkan, silakan Anda tulis di kolom komentar agar kita dapat saling berbagi pengetahuan ... : )

No comments:

Post a Comment