Tuesday 27 August 2013

Balita Ikut Kursus Matematika

PERLUKAH ?
Saat sekarang ini banyak kegiatan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan yang menyelenggarakan berbagai macam kursus bagi balita, salah satunya adalah kursus matematika.

Nah, apakah anak kita wajib ikut kursus tersebut ?, jawabnya “Tidak Wajib !”

Sebaiknya Anda cukup mengenalkan kepadanya sejak dini konsep tentang angka dan penjumlahan dari segala sesuatu yang berada di dekatnya ataupun yang melekat pada diri anak.
Perkenalkan dahulu perbendaharaan kata yang menyangkut soal angka dari 1 hingga 20, lalu ditingkatkan sejalan dengan perkembangan kemampuan bahasa anak.
Unsur bermain dalam belajar berhitung sangat penting. Jangan memaksa anak untuk bermain angka jika dia sedang bosan, jenuh, mengantuk, ataupun secara mental belum waktunya (siap).
Bantulah anak anda mengenal berbagai bentuk geometris secara bertahap. Satu per satu sambil anda hubungkan dengan jumlah benda yang sedang dia hitung.

Janganlah berputus asa, diluar sana memang ada banyak anak yang cerdas dan sangat cerdas dalam belajar angka (matematika), tetapi juga ada banyak yang kurang mahir.
Menghadapi situasi tersebut, sebagai orangtua diperlukan kepekaan dalam mengenali bakat (kemampuan) anaknya satu per satu kemudian mendukung dan membantu anak untuk mengasahnya.
Setiap anak pasti memiliki bakat dan kemampuan yang masih terpendam, bantulah anak anda menggalinya agar ia kelak menjadi anak yang hebat sesuai bakat dan minatnya ...

oOo

No comments:

Post a Comment