Sunday 18 August 2013

Bagaimana Cara Mendapat Anak yang Cerdas ?




Memiliki anak cerdas berprestasi apalagi genius tentunya cita-cita dan harapan setiap orangtua, karena kecerdasan merupakan salah satu dasar kesuksesan si Buah Hati di kemudian hari.

Dan percayalah ! Anda pun bisa mencetak anak cerdas ...



Upayakan Sejak Awal
Dalam membentuk kecerdasan, otak merupakan organ pusat dan kendali atas semua sistem tubuh serta pusat kemampuan untuk berpikir (kecerdasan). Untuk memiliki mutu otak yang baik ditentukan oleh 3 unsur, yaitu :
  1. Genetika
  2. Lingkungan
  3. Gizi.
Untuk unsur yang pertama, jelas kita tidak dapat berbuat banyak karena itu semua pemberian dan kuasa Tuhan. Tetapi ( maaf ) jika Anda merasa bukan pewaris gen cerdas tidak perlu berkecil hati. Karena menurut penelitian para ahli, peran dari faktor genetika ini hanya 30 – 40%. Selebihnya 2 faktor lainnya yang akan menentukan kecerdasan anak Anda.


Oleh sebab itu sebaiknya perencanaan dilakukan sejak dini, sejak terjadinya konsepsi saat pembuahan sel telur dengan sel sperma. Perkiraan para ahli, 1-2 minggu setelah proses pembuahan, maka proses pembentukan otak sudah dimulai. Dengan alasan tersebut maka gizi yang baik bagi seorang ibu hamil sangat berperan bagi janin untuk mendapatkan asupan makanan melalui ibunya.

Periode Emas
Periode emas perkembangan otak manusia adalah periode dimana otak berkembang dengan sangat cepat. Periode ini berlangsung dalam 2 tahap.
  • Tahap pertama ketika kehamilan memasuki trisemester ketiga ( kehamilan 5 bulan berjalan ).
  • Tahap kedua adalah saat anak lahir hingga usia 2 tahun.

Dalam periode emas ini rekayasa lingkungan dan gizi jangan sampai terabaikan karena sangat berperan dalam perkembangan sel-sel otak hingga mencapai fungsinya yang optimal.

Periode emas pertama utamakan gizi yang baik bagi janin Anda. Berikan rekayasa lingkungan berupa stimulasi dalam bentuk komunikasi dan sentuhan. Sebenarnya janin yang baru berusia 5 bulan sudah dapat mendengar suara-suara yang ada diluar rahim. Karena itu ajaklah janin Anda berbicara. Memberikan suara -suara musik dengan lantunan yang indah dan volume rendah (tidak berisik) dapat membantu merangsang perkembangan otaknya, terutama otak kiri yang mencakup seni dan bahasa.

Akhirnya ketika anak lahir, pembentukan otaknya sudah sempurna. Pada saat itu lingkar kepalanya berkisar 32 – 36 cm dan berat otaknya mencapai 400 gram atau sekitar 16% dari berat tubuhnya. Dengan massa otak yang sedemikian besar, kebutuhan energi untuk pertumbuhan otaknya pun menjadi besar.

Amat disayangkan apabila jika masa pertumbuhan otak anak mulai dari janin hingga berusia 2 tahun ini tidak mendapat cukup rangsangan dan gizi yang baik. Dikhawatirkan jaringan sel-sel otak yang seharusnya merambah kemana-mana untuk bertambah besar menjadi sebaliknya, mengecil yang berakibat fungsi otak anak menjadi menurun. Jika hal ini terjadi maka harapan Anda memiliki anak cerdas akan hilang. Dan celakanya lagi, apabila periode emas ini terlewati dan faktor luar yang dapat merangsang anak tumbuh menjadi cerdas terabaikan maka tingkat kecerdasannya tidak dapat diperbaiki hingga pada masa yang akan datang.

Semoga bermanfaat ... : )

No comments:

Post a Comment