Thursday 15 August 2013

Anakku Harus Nomor Satu

Sukses seorang Anak adalah Kesuksesan Orangtua ?
Tentu saja hampir setiap orangtua berharap anak-anak mereka melakukan segala hal dengan baik dan menjadi yang terbaik. Namun masalahnya, keinginan untuk memperoleh anak yang sukses membuat orangtua terkadang melakukan tekanan yang berlebihan terhadap anaknya.
Mengapa muncul dorongan tersebut ?, Mungkin karena saat ini para orangtua umumnya tidak memiliki anak sebanyak jaman dulu dan berpikir bahwa peluang untuk memiliki seorang anak yang dapat dibanggakan juga berkurang, maka munculah dorongan tersebut.
Namun, yang nomor satu sebenarnya adalah kenyataan bahwa banyak orangtua beranggapan sukses seorang anak merupakan bukti kesuksesan orangtua dalam mendidik dan membesarkan seorang anak.
Akibat hal tersebut diatas, maka banyak orangtua terlalu mencampuri urusan anak-anak mereka. Orangtua menentukan apa yang harus dipelajari dan kapan waktunya untuk belajar. Mereka (orangtua) merampas inisiatif anak, bertanggungjawab terhadap kesalahan anak dan memperoleh pujian atas keberhasilan anak. Praktek-praktek semacam itu akan membuat seorang anak sangat bergantung dan kurang bisa menilai diri sendiri. Orangtua masa kini menginginkan anak yang super, namun sadar atau tidak yang sering mereka dapat adalah sebuah masalah.
  
Watak Lebih Penting
Sebagai orangtua sebaiknya bersikap bijaksana. Mulai instropeksi diri dan sebaiknya tidak terlalu memaksakan kehendak pada seorang anak. Tentu saja kita perlu menuntut seorang anak, namun hal tersebut sebaiknya disesuaikan dengan minat dan kemampuan anak. Jangan sampai kita membuat anak kita menjadi stress bahkan mengalami gangguan kepribadian jika kita mengabaikan individualitas mereka sambil memaksakan kehendak kita sebagai orangtua dengan alasan “Demi Kebaikan Anak”.
Adalah pemikiran yang keliru bahwa kita bisa menghasilkan anak yang istimewa dengan memberikan instruksi pada usia sedini mungkin haruslah dibuang jauh-jauh. Sebaiknya kita lebih memperhatikan watak anak daripada sebuah kesuksesan.
Seandainya kita berhasil memelihara seorang anak yang berkelakuan baik dan tahu akan hal-hal yang pantas, sudah seharusnya kita bangga akan hal tersebut. Mau tidak mau, jika kita berhasil membesarkan anak yang demikian, kesuksesan akan mengikuti perjalanan hidup anak kita tersebut dengan sendirinya.

Setiap anak memiliki pola kualitas dan kemampuan yang unik yang membuat anak tersebut menjadi istimewa. Andai saja kita mau memandangnya dari sudut ini, maka setiap anak adalah anak yang Hebat.-

No comments:

Post a Comment